TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Jumat, 01 Desember 2017

Kepala Biro Administrasi Pengadaan Barang/Jasa mempunyai tugas :

  • Melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan barang/jasa serta melaporkan apabila ada penyimpangan dan/atau indikasi penyimpangan;
  • Mengusulkan penempatan/pemindahan/pemberhentian anggota pokja kepada Gubernur melalui Sekda;
  • Mengusulkan staf pendukung layanan pengadaan sesuai dengan kebutuhan;
  • Merumuskan kebijakan pengembangan dan pembinaan Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa;

1. Kepala Bagian Pembinaan dan Pengadaan Barang/Jasa mempunyai tugas :

  • Menginventarisasi paket-paket yang akan di lelang;
  • Menugaskan pokja/anggota pokja sesuaidengan beban kerja masing-masing;
  • Memfasilitasi pelaksanaan pemilihan penyedia barang/jasa;
  • Menyelenggarakan kegiatan pengadaan barang/jasa;
  • Melaksanakan pembinaan pengadaan barang/jasa;
  • Mengkoordinir penyusunan dan pengembangan e-katalog lokal;
  • Mengkoordinir penyusunan standar harga pengadaan barang/jasa;
  • Mengkoordinir pembinaan untuk meningkatkan kemampuan SDM pengadaan barang/jasa;
  • Mengkoordinir pendistribusian hasil pelaksanaan pengadaan barang/jasa;

a. Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang/Jasa mempunyai tugas :

  • Mengkoordinir proses pengadaan barang/jasa;
  • Melaksanakan inventarisasi paket pengadaan yang akan dilelang;
  • Menyiapkan paket pengadaan kepada Pokja/pejabat pengadaan;
  • Melaksanakan pengawasan pengadaan barang/jasa;

b. Kepala Sub Bagian Standarisasi dan E-Katalog mempunyai tugas :

  • Menyiapkan bahan penyusunan standar harga pengadaan barang/jasa;
  • Menyiapkan data dan bahan penyusunan dan mengembangkan e-Katalog lokal;

c. Kepala Sub Bagian Pembinaan Pengadaan Barang/Jasa dan Distribusi :

  • Menyiapkan bahan penyusunan rencana pendistribusian dan kelengkapan administrasi barang/jasa;
  • Mendistribusikan hasil-hasil pengadaan barang/jasa;
  • Menyajikan data barang/jasa yang akan dan telah didistribusikan;
  • Melakukan pembinaan-pembinaan untuk meningkatkan kemampuan SDM pengadaan barang/jasa


2. Kepala Bagian Hukum dan Penyelesaian Sanggah mempunyai tugas :

  • Menyelenggarakan kegiatan ketatausahaan berdasar rencana kerja yang telah disusun;
  • Melaksanakan dan mengawasi kegiatan pengelolaan urusan kepegawaian dan keuangan;
  • Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan penatausahaan surat menyurat dan arsip biro;
  • Mengkoordinir kegiatan penyelesaian hukum dan sanggah;
  • Mengkoordinir pelaksanaan pengembangan dan pembinaan SDM pengandaan barang/jasa;

a. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro mempunyai tugas :

  • Menghimpun penyusunan anggaran/pembiayaan kegiatan pada masing-masing Bagian untuk disampaikan kepada Kepala Bagian ;
  • Menghimpun dan memverifikasi hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pada masing-masing Bagian setiap: bulan, triwulan, semester dan tahunan untuk disampaikan kepada Kepala Bagian;
  • Menghimpun bahan kebijakan dan menyusun Rencana Strategis (RENSTRA);
  • Menghimpun bahan dan menyusun Laporan Kinerja Biro;
  • Pelaksanaan pengurusan gaji pegawai dan tunjangan lainnya;
  • Pelaksanaan penatausahaan keuangan;
  • Pengawasan keuangan;
  • Penyusunan dan penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan;
  • Melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat;
  • Melaksanakan urusan rumah tangga;
  • Melaksanakan administrasi pegawai ASN ;
  • Membantu pelaksanaan penatausahaan barang milik daerah ;
  • Menyiapkan bahan telaahan, kajian dan analisis pelaksanaan struktur organisasi, analisis jabatan dan pengukuran beban kerja;
  • Menyiapkan dan meneliti bahan penyusunan produk hukum daerah, kehumasan dan keprotokolan ;
  • Menghimpun dan menginput data absensi sidik jari;

b. Kepala Sub Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas :

  • Melakukan peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM aparatur pengadaan barang/jasa

c. Sub Bagian Hukum dan Penyelesaian Sanggah mempunyai tugas :

  • Menyiapkan kajian hukum sanggahan terhadap permasalahan/pengaduan dalam pengadaan barang/jasa;
  • Menyiapkan dan memfasilitasi pendampingan hukum dalam pengadaan barang/jasa;

3. Kepala Bagian Pengelolaan sistem Informasi Pengadaan Barang/Jasa mempunyai tugas :

  • Mengkoordinir dan mengawasi kegiatan pengelolaan data  dan layanan informasi;
  • Mengkoordinir dan mengawasi kegiatan pengelolaan sistem pengadaan barang/jasa;
  • Mengkoordinir dan mengawasi kegiatan monitoring dan evaluasi pengadaan barang/jasa;
  • Mengumpulkan dan menyusun laporan sub bagian, sebagai bahan laporan biro;

a. Kepala Sub Bagian Layanan Informasi mempunyai tugas :

  • Memberikan layanan informasi kehumasan terkait pengadaan barang/jasa;
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi terkait dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE);

b. Kepala Sub Bagian Pengelolaan Sistem Pengadaan Barang/Jasa :

  • Melakukan penyimpanan data dan informasi pengadaan barang/jasa;
  • Menangani pemeliharaan perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan;

c. Kepala Sub Bagian Monitoring dan Evaluasi mempunyai tugas :

  • Menyusun dan melaksanakan monitoring dan evaluasi pengadaan barang/jasa;
  • Menghimpun dan memverifikasi hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pada masing-masing bagian setiap bulan, triwulan, semester dan tahunan untuk disampaikan kepada kepala bagian;
  • Menghimpun bahan dan menyusun laporan kinerja biro;
  • Membuat rekapitulasi laporan mengenai proses dan hasil pengadaan;